10/21/2017

Apakah Itu Generasi Millenial ? Generus LDII Perlu Tahu !

  Bernandin       10/21/2017

Dewasa ini, generasi millenial menjadi topik yang cukup hangat di kalangan masyarakat, mulai dari segi pendidikan, teknologi maupun moral dan budaya. Tapi sebenarnya, siapakah generasi millenial itu dan apakah masyarakat benar-benar mengerti akan sebutan itu? Millenial atau kadang juga disebut dengan generasi Y adalah sekelompok orang yang lahir setelah Generasi X, yaitu orang yang lahir pada kisaran tahun 1980-2000-an. Maka ini berarti millenial adalah generasi muda yang berumur 17-37 pada tahun ini. Millenial sendiri dianggap spesial karena generasi ini sangat berbeda dengan generasi sebelumnya, apalagi dalam hal yang berkaitan dengan teknologi.

Generasi millenial memiliki ciri khas tersendiri yaitu, mereka lahir pada saat TV berwarna, handphone juga internet sudah diperkenalkan. Sehingga generasi ini sangat mahir dalam teknologi. Di Indonesia sendiri dari jumlah 255 juta penduduk yang telah tercatat, terdapat 81 juta merupakan generasi millenial atau berusia 17- 37 tahun. Hal ini berarti Indonesia memiliki banyak kesempatan untuk membangun negaranya. Tapi, kemanakah mereka pergi? Apakah mereka bersembunyi?

Sungguh tidak, jika kita melihat ke dunia sosial media, generasi millenial sangat mendominasi jika dibandingkan dengan generasi X. Dengan kemampuannya di dunia teknologi dan sarana yang ada, generasi millenial belum banyak yang sadar akan kesempatan dan peluang di depan mereka. Generasi millenial cenderung lebih tidak peduli terhadap keadaan sosial di sekitar mereka seperti dunia politik ataupun perkembangan ekonomi Indonesia. Kebanyakan dari generasi millenial hanya peduli untuk membanggakan pola hidup kebebasan dan hedonisme. Memiliki visi yang tidak realistis dan terlalu idealistis, yang penting bisa gaya.

Berikut ini adalah hal yang bisa kita lakukan, jika ingin menjadi generasi millenial yang bermanfaat :

Berfikiran kritis

Terbukalah dengan apa yang ada di sekeliling kita, mulai dari masalah politik, ekonomi hingga sosial dan budaya. Jangan telan mentah-mentah informasi yang kita dapatkan, terutama informasi Hoax, isu sara, dan mengandung ujaran kebencian. Cobalah untuk berfikir kritis dan pikirkan apa yang bisa kita kontribusikan untuk memecahkan masalah di sekitar lingkungan masyarakat, bangsa, dan negara.

Gunakan media sosial secara bijak

Media sosial bisa menjadi pedang bermata dua, tergantung bagaimana kita menggunakannya. Maka gunakanlah dengan bijak, hindari penyebaran informasi tanpa fakta serta sumber yang jelas dan kredibel


Bantu orang lain

Memikirkan orang lain bukan berarti hanya memperhatikan keluarga kita saja. Melainkan konsep masyarakat secara keseluruhan yaitu dengan sikap budi luhur, tolong menolong, dan peduli sosial di lingkungan masyarakat sekitar kita

Buat visi yang realistis
 
Tentukan visi yang ingin kita capai. Dalam membuat visi kita harus SMART yaitu Spesific Measureable, Achieveable, Reasonable dan Timephased. Beberapa elemen itu yang membuat visi kita bukan hanya omong kosong. Indonesia membutuhkan banyak anak muda dengan visi yang jelas dan eksekusi yang nyata.

Bangun ide
 
Setelah kita memiliki visi yang SMART. Buatlah ide yang dapat membantu pencapaian visi itu. Diskusikan dan musyawarahkan ide dengan orang-orang di sekitar kita. Jangan takut ide ini dicuri, karena tidak ada ide yang original, dan ingatlah ide itu murah yang mahal eksekusinya.

Susah cari kerja? Berwirausahalah !
 
Banyak dari generasi millenial yang memiliki pendidikan tinggi tetapi masih pengangguran. Alasannya bermacam, mulai dari sangat susah mencari pekerjaan yang gajinya sesuai dengan pengeluaran sampai dengan tidak suka dengan sistem birokrasi dari calon perusahaannya. Buka mata, sekarang ini zamannya Industri Kreatif, cari masalah yang ada di sekitar kita dan selesaikanlah dengan berwirausaha, dengan begitu kita dapat membantu orang lain yang memiliki masalah itu dan membuka lapangan kerja baru.

Bagaimana, apakah kita siap menjadi generasi millenial yang membangun Indonesia ?
logoblog

Thanks for reading Apakah Itu Generasi Millenial ? Generus LDII Perlu Tahu !

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *